Struktur Organisasi

Adapun tugas pokok yang diemban oleh Ketua Program Studi ialah: (1) melaksanakan pendidikan dan pengajaran; (2) melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan; (3) melaksanakan pengabdian pada masyarakat; (4) pelaksanaan pembinaan spritual keagamaan kepada sivitas Akademika; (5) melaksanakan penyusunan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.

Adapun tugas pokok yang diemban oleh Sekretaris Program Studi ialah: (1) menyusun jadwal kuliah dan dosen pengampu, jadwal ujian (UTS, UAS, pendadaran, skripsi, tugas akhir), yudisium; (2) mengkoordinasikan pelaksanaan praktikum; (3) mengkoordinasikan pembuatan SAP, silabi, hand out/modul; (4) menentukan dosen pembimbing skripsi; (5) mengendalikan pelaksanaan perkuliahan meliputi kehadiran dosen dan kesesuaian SAP; (6) melakukan pengadministrasian dan pengendalian nilai matakuliah mahasiswa; (7) melaksanakan evaluasi drop out, cuti, perkuliahan dan ujian di program studi; (8) melaporkan aktivitas sekretaris program studi secara periodik kepada ketua program studi.

Adapun tugas pokok yang diemban oleh dosen Program Studi ialah: (1) melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran; (2) melakukan kegiatan penelitian; (3) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dan (4) Melaksanakan pembinaan spritual keagamaan. Dosen berkedudukan sebagai pejabat fungsional dengan tugas utama mengajar di Perguruan Tinggi/Program Studi. Jabatan fungsional dosen terdiri atas: asisten ahli, lektor, lektor kepala, dan guru besar.

Pengambilan keputusan di Program Studi Bimbingan dan Konseling memperhatikan asas kolegial, teamwork, partisipatif, dan demokratis. Pengambilan keputusan dilakukan melalui mekanisme rapat sebagai berikut:

  • Rapat Pimpinan Terbatas. Rapat ini diikuti oleh Dekan, Wakil Dekan, dan Kabag Umum dan Akademik, yang dilaksanakan berdasarkan kebutuhan.
  • Rapat Pimpinan. Rapat ini diikuti oleh Dekan, Wakil Dekan, Kabag Umum dan Akademik, Ketua dan Sekretaris Program Studi, yang dilaksanakan berdasarkan kebutuhan.
  • Rapat Koordinasi Rutin. Rapat ini dilakukan sebulan sekali terdiri atas unsur pimpinan ditambah dengan Ketua-ketua Lembaga/Unit, Kepala Tata Usaha, Kasubbag Akademik, Kasubbag Kepegawaian dan Kasubbag Keuangan untuk melaporkan hasil kerja masing-masing.
  • Rapat Panitia. Rapat ini dilakukan berdasarkan kebutuhan dalam setiap penyelenggaraan kegiatan.
  • Rapat Koordinasi Program Studi. Rapat ini dilakukan oleh Ketua, Sekretaris, staf, para dosen, yang dilaksanakan berdasarkan kebutuhan.
  • Rapat Dosen. Rapat ini dilakukan Program Studi bersama pimpinan Fakultas dan para dosen, yang dilakukan setiap awal kegiatan perkuliahan pada semester berjalan. Rapat ini menentukan kebijakan akademik yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas dosen, sosialisasi kebijakan, hasil evaluasi dosen, dan penyampaian informasi terkait hak dan kewajiban dosen di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat