Sejarah

Jurusan Bimbingan dan Konseling merupakan salah satu prodi yang ada di  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: Dj.I/306/2008 Tentang Izin Pembukaan Program Studi (S1) pada Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) Tahun 2008 Tertanggal 04 September 2008.

Saat ini  Jurusan Bimbingan dan Konseling telah terakreditasi dengan peringkat Baik sesuai dengan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No: 020/BAN-PT/Ak-XV/S1/VII/2012 Tentang Status Nilai Peringkat dan Masa Berlaku Hasil Akreditasi Program Sarjana di Perguruan Tinggi.

Ada tiga komponen pokok dalam organisasi setingkat prodi yaitu pimpinan prodi, dosen, dan mahasiswa. Pimpinan prodi terdiri dari ketua juruasan, sekretaris, dan ketua laboratorium.

Ketua jurusan bertugas memimpin jurusan melaksanakan program yang telah tertuang dalam rencana strategis (renstra) dan rencana operasional (renop). Dosen bertugas melaksanakan tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian pada masyarakat. Sedangkan mahasiswa mengembangkan diri melalui proses belajar dan berbagai kegiatan akademik sesuai dengan peraturan yang berlaku di IAIN Raden Intan Lampung.

Selama berdiri jurusan Bimbingan dan Konseling telah mengalami tigaa kali pergantian ketua jurusan, diantaranya

  1. Periode tahun 2008 sd 2010 ketua jurusan Dra.Laila Maharani, M.Pd dan sebagai sekretaris jurusan Ahmad Fauzan, S.Ag.,M.Pd
  2. Periode tahun 2010 sd 2015 ketua jurusan Dra.Laila Maharani, M.Pd dan sebagai sekretaris jurusan Andi Thahir, S.Psi.,M.A.
  3. Periode tahun 2015 sd 2016 ketua Jurusan Andi Thahir, S.Psi.,M.A.,Ed.D dan sebagai Sekretaris jurusan Rika Damayanti, ns.,S.Kep.,M.Kep.Sp.Kep.J
  4. Periode tahun 2016 sd Sekarang ketua Jurusan Andi Thahir, S.Psi.,M.A.,Ed.D dan sebagai Sekretaris jurusan Dr. Ahmad Fauzan, M.Pd